8 Manfaat Jus Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Jus Alpukat – Jus alpukat merupakan salah satu minuman kegemaran banyak orang. Karena tekstur alpukat yang empuk dan rasa yang tidak begitu manis, banyak dari kita lebih suka mengonsumsi alpukat dengan menjadikannya jus.

Tentu bagi yang tidak terlalu suka memakan buah secara langsung menjadikannya jus adalah salah satu solusinya. Selain rasanya yang nikmat terdapat banyak manfaat jus alpukat yang baik untuk kesehatan kita.

Ada banyak sekali nutrisi dalam jus alpukat yakni serat, gula, kalium, natrium, magnesium, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, vitamin K1, asam folat, niasin, asam pantotenat, riboflavin, kolin, lutein, zeaxanthin, fitosterol, dan asam lemak tak jenuh.

Kandungan nutrisi yang melimpah dalam jus alpukat manjadikan manfaat jus alpukat begitu luar biasa untuk tubuh kita. Nah, penasaran apa saja manfaat jus alpukat? Yuk simak artikel ini hingga tuntas.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat mengonsumsi jus alpukat untuk tubuh kita adalah mampu mengurangi resiko penyakit jantung. Kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan sumbatan pembuluh darah jantung dan memicu penyakit jantung.

Mengonsumsi jus alpukat dapat membantu mengurangi partikel kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) yang telah teroksidasi dalam tubuh. Kandungan sterol dalam buah alpukat juga  dapat membantu menjaga kadar kolesterol yang sehat.

Dengan terjaganya kadar kolesterol baik (HDL) yang ada dalam tubuh kita, maka kesehatan jantung kita juga dapat terjaga. Kandungan kalium dalam buah alpukat juga membantu detak jantung tetap teratur. Sehingga dapat menjaga kesehatan jantung kita, serta mencegah irama jantung yang tidak normal.

Selain itu buah alpukat juga kaya akan antioksidan. Kadar flavonoid yang ada dalam alpukat dapat membantu menurunkan resiko terkena serangan jantung.

2. Membantu Mencegah Kanker

Terdapat senyawa yang mampu mencegah kanker yang terdapat dalam buah alpukat. Senyawa tersebut adalah fitokimia bioaktif yang terdiri dari karotenoid, terpenoid, D-mannoheptulose, persenon A dan B, fenol dan glutathione.

Kandungan senyawa tersebut memiliki sifat anti karsinogenik yang secara selektif menghambat pertumbuhan sel kanker dan menginduksi kematian sel kanker. Terdapat pula kandungan asam folat dalam buah alpukat yang mampu mencegah resiko terkena penyakit kanker.

Buah alpukat juga mengandung asam pantotenat, kalium, asam lemak omega 3 dan biotin yang dapat membantu melawan radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab kanker. Sehingga begitu besar manfaat jus alpukat yang dapat kita peroleh jika mengonsumsinya.

3. Meringankan Gejala Osteoarthritis (Radang Sendi)

Manfaat jus alpukat lainnya bagi tubuh kita adalah mampu meringankan gejala ostheoarthritis. Osteoarthritis sendiri merupakan peradangan kronis pada sendi akibat kerusakan tulang rawan sendi.

Gejala osteoarthritis biasanya berupa sendi-sendi terasa sakit, kaku dan bengkak. Bisa menyerang semua persendian, namun yang paling sering terjadi adalah sendi pada jari tangan, lutut, pinggul dan tulang punggung.

Baca Juga :

8 Manfaat Buah Labu Untuk Kesehatan dan Kecantikan
13 Manfaat Buah Blewah Untuk Kesehatan dan Kecantikan
8 Manfaat Buah Lontar Untuk Kesehatan

Nah, dalam jus alpukat terdapat sumber vitamin E serta kandungan mikronutrien yang memiliki efek anti inflamasi. Sehingga dapat membantu mengurangi rasa sakit pada penderita gejala osteoarthritis.

Dalam jus alpukat juga terdapat kandungan zat saponin yang memiliki efek positif pada gejala osteoarthritis. Kandungan antioksidan dalam buah alpukat juga membantu mencegah peradangan termasuk radang sendi.

4. Menjaga Sistem Pencernaan

Jus alpukat kaya akan serat, sehingga mengonsumsinya dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan kita. Serat dalam jus alpukat dapat melancarkan sistem ekskresi pada tubuh kita.

Manfaat serat yang ada pada jus alpukat alpukat mampu mempermudah keluarnya feses. Sehingga buang air besar menjadi lancar dan dapat menghindarkan kita dari sembelit, menjaga saluran pencernaan dan menurunkan resiko kanker usus besar serta masalah pencernaan lainnya.

Terdapat pula kandungan lemak tak jenuh dalam buah alpukat yang dapat menyehatkan lapisan usus, sehingga mengurangi resiko sembelit sekaligus mencegah sindrom iritasi pada usus besar

5. Menurunkan Berat Badan

Kandungan seratnya yang tinggi membuat jus alpukat begitu berguna untuk menurunkan berat badan. Karena tingginya serat yang terkandung dalam buah alpukat membuat perut kita menjadi kenyang lebih lama dan tidak mudah merasa lapar.

Mengonsumsi jus alpukat dapat membantu menahan nafsu makan kita yang tinggi. sehingga dapat berdampak baik untuk penurunan berat badan.

Asupan serat yang tepat juga memiliki efek positif pada penurunan berat badan bagi penderita obesitas. Itulah mengapa buah alpukat dapat kita jadikan sebagai menu untuk diet sebagai penunda lapar sekaligus pelengkap nutrisi.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu manfaat yang dapat kita peroleh jika mengonsumsi jus alpukat secara rutin adalah terjaganya  kesehatan mata kita. Terdapat kandungan lutein dan zeaxanthin serta vitamin A dalam jus alpukat yang dapat mengurangi kerusakan pada mata.

Lutein merupakan karotenoid yang memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mencegah penyakit mata terkait usia. Penyakit tersebut antara lain katarak, glaukoma dan astigmatisme yang mampu menyebabkan kebutaan dan gangguan penglihatan.

Sedangkan zeaxanthin membantu membangun perisai pigmen berwarna kuning yang dapat melindungi mata kita dari efek bahaya akibat sumber cahaya tertentu seperti sinar UV. Lutein dan zeaxanthin juga berperan penting dalam menangkal radikal bebas yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan mata.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Dalam jus alpukat terkandung banyak nutrisi termasuk vitamin E, glutathione dan biotin yang dapat membantu menjaga kulit tetap kenyal dan sehat. Antioksidan dan vitamin C yang terkandung dalam jus alpukat juga berperan penting untuk regenerasi kulit. Sehingga mencegah penuaan pada kulit kita.

Buah alpukat juga mengandung lemak tak jenuh yang mampu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi munculnya garis halus serta kerutan pada kulit kita akibat penuaan.

8. Detoksifikasi Alami

Manfaat jus alpukat juga mampu menjadi detoksifikasi alami yang membantu tubuh membuang racun. Mengonsumsi jus alpukat juga membantu mencegah kelebihan kadar homosistein pada tubuh kita.

Kandungan homosistein berlebih dalam tubuh, juga dapat berdampak buruk pada tubuh kita. Karena dapat mengganggu produksi hormon serotonin dan dopamine yang dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan dan mempermudah timbulnya stress.

Serat yang terkandung dalam jus alpukat juga berperan penting pada detoksifikasi karena dapat membantu ekskresi racun melalui empedu dan tinja.

Melihat begitu banyaknya manfaat jus alpukat untuk kesehatan kita tentu tidak ada salahnya untuk mulai mengonsumsinya kan? Selain rasanya yang nikmat, banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari jus alpukat.

Tentu kita juga harus tetap memperhatikan kadarnya saat mengonsumsi jus alpukat. Supaya nutrisi yang terkandung dalam jus alpukat benar-benar dapat kita rasakan. Yuk konsumsi jus alpukat!

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!