Manfaat Buah Lontar Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Lontar – Buah lontar atau sering kita sebut juga buah siwalan merupakan buah yang berasal dari anak benua India dan Asia Tenggara. Buah yang memiliki nama latin Borassus Flabellifer ini memiliki warna putih pucat dengan tekstur yang lunak.

Kita dapat mengonsumsi buah lontar saat masih muda, ataupun saat sudah tua. Daging buah lontar yang masih muda empuk seperti jelly sedangkan yang sudah tua sedikit lebih kenyal.

Buah ini dapat langsung kita konsumsi tanpa perlu kita olah terlebih dahulu. Selain teksturnya yang unik, buah lontar juga memiliki rasa yang nikmat. Seringkali buah lontar juga menjadi pelengkap dalam berbagai olahan makanan, baik berupa es, kue, ataupun menjadi selai.

Tak hanya itu, selain rasanya yang nikmat, buah lontar juga memiliki kandungan khasiat yang luar biasa. Terdapat banyak nutrisi dalam buah lontar diantaranya vitamin, kalsium, fosfor dan gula rendah kalori.

Banyak sekali manfaat buah lontar yang bisa kita dapatkan saat mengonsumsinya. Penasaran apa saja manfaat buah lontar? Yuk simak artikel ini sampai tuntas.

1. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi seringkali dirasakan oleh penduduk yang hidup di iklim tropis seperti Indonesia. Padahal dehidrasi dapat menimbulkan bahaya bagi tubuh. Karena kurangnya kadar cairan bisa menimbulkan beberapa masalah pada tubuh.

Masalah yang bisa muncul akibat dehidrasi seperti bibir dan lidah yang kering, kehausan ekstrem kelelahan dan pusing. Dehidrasi juga menyebabkan tubuh merasa cepat letih, lesu dan lemas saat beraktifitas.

Salah satu manfaat buah lontar adalah mampu menghidrasi tubuh secara alami. Buah lontar memiliki efek pendingin yang dapat membantu mengurangi dehidrasi pada tubuh kita. Karena buah lontar memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga mampu menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh.

Cairan dalam tubuh memiliki peran penting untuk menjaga organ tubuh untuk bekerja dengan baik. Buah lontar mampu menjadi isotonik bagi tubuh untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

2. Baik Untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes tentu memiliki kewajiban untuk mengatur pola makan yang benar agar kadar glukosa yang masuk kedalam tubuh tetap terjaga. Nah, pada buah lontar terkandung gula yang rendah kalori, sehingga cocok bagi para penderita diabetes untuk mengonsumsinya.

Gula yang terkandung dalam buah lontar memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga membantu mengontrol gula darah. Bahkan ekstrak dari buah lontar mampu menjadi obat bagi penderita diabetes. Sehingga penderita diabetes tidak perlu khawatir saat mengonsumsi buah lontar.

3. Memelihara Kesehatan Kulit

Salah satu manfaat buah lontar lainnya adalah mampu meredakan iritasi kulit. Jika terjadi ruam pada kulit, kita bisa memanfaatkan buah lontar untuk mengatasinya. Dengan cara mengoleskan daging buah lontar pada area yang mengalami ruam.

Buah lontar memiliki fungsi sebagai obat kulit untuk dermatitis yakni menghilangkan bekas luka. Buah lontar juga dapat meredakan rasa tidak nyaman yang timbul akibat rasa gatal pada kulit baik karena jamur ataupun biang keringat.

Selain itu buah ini juga baik untuk menjaga kulit yang kering akibat sinar matahari. Sifat anti inflamasi pada buah lontar membantu mengobati kemerahan pada kulit akibat panas matahari. Kandungan yang terdapat dalam buah lontar mampu menghaluskan kulit, menjaga kelembaban kulit dan menjaga kulit agar selalu tampak segar.

4. Menjaga Fungsi Ginjal

Ginjal merupakan salah satu alat ekskresi dalam tubuh kita. Ginjal juga berfungsi mengatur volume cairan dalam tubuh serta mengekskresikan sisa metabolisme. Nah, buah lontar memiliki kadar air dan fosfor yang tinggi sehingga berfungsi efektif merawat serta mencegah kerusakan pada ginjal kita.

Salah satu mineral paling penting setelah kalsium adalah fosfor. Fosfor membantu kerja ginjal dalam menyaring kotoran sisa pembuangan pencernaan.

Baca Juga :

9 Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan
14 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan dan Kecantikan
13 Manfaat Buah Jamblang (Duwet) Untuk Kesehatan

Tubuh kita membutuhkan fosfor untuk pertumbuhan, pemeliharaan serta perbaikan jaringan dan sel tubuh. Fosfor membantu menjaga kesehatan ginjal serta membantu proses buang air kecil atau urinasi.

5. Memelihara Sistem Pencernaan

Salah satu manfaat buah lontar lainnya adalah memelihara sistem pencernaan dengan kandungan serat peptinnya. Serat peptin mampu membentuk asam lemak rantai pendek, yang kemudian asam tersebut akan meregenerasi sel sel yang ada dalam usus.

Sehinga mampu membantu melancarkan pencernaan dalam tubuh kita. Menghindarkan kita dari masalah pencernaan seperti sembelit dan diare. Kandungan serat tinggi dalam buah lontar ini memudahkan lambung menyerap kandungan mineral lainnya seperti vitamin B1 dan fosfor.

6. Menjadi Sumber Energi

Terdapat kandungan gula rendah kalori dalam buah lontar yang memiliki manfaat sebagai sumber energi. Buah lontar mengandung glukosa dan sukrosa yang mampu berubah menjadi energi setelah melewati proses metabolisme tubuh.

Gula merupakan salah satu komponen yang tubuh kita butuhkan sebagai bahan bakar untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Sehingga buah lontar mampu berkontribusi menjadi sumber energi dalam tubuh. Menjaga tubuh tetap fit karena pasokan energi dalam tubuh terpenuhi.

7. Meredakan Stress

Buah lontar mengandung antioksidan yan baik untuk tubuh. Antioksidan memiliki manfaat untuk menaikkan mood seseorang.

Terdapat kandungan vitamin C dalam buah lontar yang juga berperan penting untuk menaikkan mood dan mengurangi stress. Tidak hanya itu vitamin C juga membantu menangkal radikal bebas dan senyawa yang berbahaya bagi tubuh.

8. Memelihara Fungsi Hati

Manfaat buah lontar lainnya adalah mampu memelihara fungsi hati. Hati memiliki peran dalam proses pengolahan dan pembuangan racun dari makanan yang kita konsumsi. Kandungan mineral dan fosfor dalam buah lontar membantu pengoptimalan ekskresi tersebut.

Buah lontar juga kaya akan kandungan potassium. Potassium adalah salah satu senyawa yang dapat membantu melindungi hati dari kerusakan. Buah lontar juga mampu memberisihkan racun dalam tubuh sehingga meningkatkan keehatan hati.

Nah, dari semua uraian tersebut kita bisa memahami bahwa manfaat buah lontar sangat banyak untuk tubuh kita. Tentu mengonsumsinya akan memberi banyak khasiat pada tubuh kita.

Namun kita juga harus memperhatikan jumlah yang kita konsumsi. Supaya kita benar benar bisa merasakan manfaat dari buahnya. Bagaimana? Penasaran untuk mencoba rasa buah lontar. Yuk nikmati rasanya sekaligus khasiatnya. Salam sehat!

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!