13 Manfaat Buah Blewah Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sudah tahu manfaat Buah blewah? Tidak hanya dapat menjadi minum segar yang banyak digemari orang, ternyata buah ini punya manfaat untuk kesehatan.

Biasanya buah blewah ini sering menjadi olahan makanan ketika musim panas maupun berbuka puasa karena menyegarkan, menyehatkan, serta memiliki kandungan air tinggi yang membantu mencegah dehidrasi.

Kandungan Nutrisi Buah Blewah

Pada Buah blewah ini mempunyai kandungan nutrisi berupa antioksidan, vitamin, dan mineral yang bisa memberikan beragam manfaat bagi kesehatan dan kecantikan loh.

Misalnya kandungan antioksidan yang mana mampu membantu mencegah kerusakan sel pemicu kanker. Selain itu, kandungan vitamin yang beragam juga sangat baik untuk kecantikan kulit.

Berdasarkan dari laman Food and Drug Administration (FDA) dan FoodData Centra U.S. Department of Agriculture, per 100 g buah blewah segar memiliki kandungan zat nutrisi seperti:

  • Air: 90,2 gram (g)
  • Kalori: 34 kkal
  • Protein: 0,84 g
  • Lemak: 0,19 g
  • Karbohidrat: 8,16 g
  • Serat: 0,9 g
  • Kalsium: 9 miligram (mg)
  • Fosfor: 15 mg
  • Zat besi: 0,21 mg
  • Kalium: 15 mg
  • Magnesium: 12 mg
  • Zinc: 0,18 mg
  • Retinol (Vit. A): 169 mikrogram (mcg)
  • Thiamin (Vit. B1): 0,041 mg
  • Riboflavin (Vit. B2): 0,019 mg
  • Niacin (Vit. B3): 0,734 mg
  • Vitamin C: 36,7 mg
  • selenium
  • beta karoten
  • lutein
  • zeaxanthin
  • kolin

Dari kandungan nutrisi di atas, tentu saja buah blewah memiliki manfaat yang berlimpah. Lalu apa saja sih manfaat nya? Yuk simak pembahasan di bawah ini.

Manfaat Buah Blewah

Buah blewah mempunyai cita rasa yang manis, karenanya sering kali buah ini diolah menjadi minuman segar. Berikut ini beragam manfaat buah blewah bagi kesehatan tubuh dan kecantikan.

1. Mencegah Degenerasi Makula Terkait Usia

Kandungan lutein dan zeaxanthin merupakan dua antioksidan serupa dan pigmen tumbuhan sebagai pemberi warna kuning kemerahan pada buah dan sayuran, seperti buah blewah.

Kombinasi antioksidan tersebutlah yang mampu membantu menyaring sinar cahaya biru berbahaya. Tak hanya itu, zat ini juga memiliki peran untuk melindungi kesehatan mata dan mampu membantu mencegah kerusakan akibat degenerasi makula terkait usia (AMD).

2. Mencegah Asma

Melansir dari Journal BMJ, kandungan vitamin C dan antioksidan pada buah blewah mampu melindungi seseorang dari penyakit asma. Bahkan beberapa ahli menyarankan penggunaan suplemen vitamin C sebagai pengobatan terhadap asma.

3. Menurunan Tekanan Darah

Kandungan nutrisi penting pada buah blewah seperti serat, potasium, kalium, vitamin C, dan kolin mampu mendukung kesehatan jantung.

Berbagai penelitian juga membuktikan bahwa konsumsi sayuran dan buah-buahan, termasuk buah blewah secara rutin memiliki hubungan erat terhadap penurunan risiko penyakit kardiovaskular.

Kandungan buah blewah berupa kalium, membantu menurunkan tekanan darah. Sejalan dengan pernyataan dari American Heart Association (AHA) yang menyarankan orang dewasa untuk mengonsumsi 4.700 mg kalium per hari untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Mencegah Kanker

Buah blewah memiliki kandungan antioksidan penting, seperti beta karoten, lutein, zeaxanthin, cryptoxanthin, dan antioksidan lainnya yang bisa membantu mencegah kerusakan sel akibat stres oksidatif.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kandungan tersebut mampu mengurangi risiko paru-paru, prostat, dan jenis kanker lainnya.

Selain itu, studi dalam American Journal of Clinical Nutrition juga mengemukakan bahwa manfaat serat dari buah blewah memiliki potensi dalam mencegah timbulnya kanker kolorektal.

Baca Juga :

13 Manfaat Buah Jamblang (Duwet) Untuk Kesehatan
8 Manfaat Buah Labu Untuk Kesehatan dan Kecantikan
7 Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan Tubuh

5. Baik untuk Kesehatan Rambut

Selain berkhasiat untuk kesehatan, buah blewah juga memberikan manfaat bagi perawatan kecantikan. Kandungan berupa vitamin A dan vitamin C pada buah ini amat penting dalam membantu mempertahankan kualitas rambut yang kuat dan sehat.

Vitamin A terkenal sebagai retinol yang berperan untuk produksi sebum. Senyawa ini akan menjaga kulit kepala dan rambut tetap lembab dan sehat. Sedangkan vitamin C berperan dalam membangun dan memelihara kolagen, kemudian memberikan struktur pada kulit dan rambut.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Melansir Journal of Cosmetic Dermatology, mengoleskan antioksidan pada kulit dapat memperlambat proses penuaan. Selain itu, sayuran dan buah-buahan berwarna oranye, seperti wortel, ubi jalar, labu, dan blewah tinggi akan kandungan senyawa karotenoid atau pigmen organik tumbuhan.

Mengonsumsi buah blewah yang memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C serta senyawa kartenoid akan memberikan manfaat menjaga kesehatan kulit.

Senyawa karotenoid memiliki peran untuk menghilangkan rasa sakit dan kerusakan kulit yang terkait sengatan matahari. Pigmen ini juga bisa membantu mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit seperti garis halus, perubahan warna, bahkan keriput.

7. Tetap Terhidrasi

Buah blewah terkenal menyegarkan akibat dari kandungan air yang berlimpah. Dengan begitu akan membantu tetap terhidrasi terutama pada saat musim panas setelah olahraga yang intens bahkan setelah berpuasa.

8. Melancarkan Pencernaan

Buah blewah cukup baik bagi pencernaan tubuh. Hal ini bermanfaat dalam proses pembuangan racun dan membantu usus mencerna makanan dengan baik.

Selain itu, manfaat buah blewah juga bisa membantu tubuh dalam proses mencerna karbohidrat. Tak hanya itu, makan buah blewah juga dapat mencegah gejala sindrom iritasi usus besar (IBS) dan gangguan pencernaan lainnya.

9. Membantu Mengontrol Berat Badan

Makanan dengan kandungan serat yang berlimpah seperti buah blewah mampu mengenyangkan perut lebih lama sehingga mampu mengontrol rasa lapar dan membantu mengontrol berat badan.

Bahkan buah ini secara alami rendah kalori dan tidak mengandung lemak atau kolesterol, sehingga dapat kalian jadikan menu diet.

10. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah blewah memiliki kandungan senyawa yang disebut fitonutrien yang mana dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu melawan penyakit.

Senyawa tersebut memberikan sifat anti-inflamasi. Selain itu, ada juga kandungan vitamin A guna meningkatkan kekebalan dan produksi sel darah putih.

11. Membantu Perkembangan Janin

Kandungan folat yang terdapat pada buah blewah merupakan salah satu nutrisi paling penting selama kehamilan, karena memiliki manfaat untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi.

Bahkan kandungan ini juga membantu dalam proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh dan menjaga kesehatan ibu serta bayi secara keseluruhan.

12. Membantu Menyembuhkan Sunburns

Buah blewah memberikan efek fotoprotektif saat dicerna ataupun dioleskan ke permukaan kulit. Dengan begitu, buah ini dapat kalian jadikan bahan dasar untuk masker.

Bahkan ketika dioleskan kepada kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari, kandungan blewah meningkatkan aktivitas antioksidan yang mengurangi sel terbakar akibat matahari serta meningkatkan kadar melanin.

13. Rendah kalori dan baik untuk asupan diet

Jumlah kalori yang terkandung pada buah blewah tergolong minim, yakni hanya 34 kkal per 100 g penyajian. Walaupun minim kalori, buah blewah kaya akan kandungan air, nutrisi dan vitamin.

Dengan begitu tentu saja buah blewah cocok bagi Anda yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan.

Tips Cara Memilih Buah Blewah yang Benar

Ketika memilih buah blewah, maka tentu saja ingin mendapatkan yang sempurna. Selain perlu memilih buah yang segar, berikut tips cara memilih buah blewah yang benar:

  • Warna, Warna pada kulit di bawah jaring harus berwarna oranye terang atau cream. Namun apabila masih berwarna hijau maka menunjukkan bahwa buah tersebut masih mentah.
  • Ujung batang, Pada buah blewah yang matang sempurna, akan memiliki sedikit luka halus yang melengkung.
  • Bunga, Hirup aroma pada bagian bunga, apabila sudah matang sempurna akan memiliki bau harum.

Perlu diperhatikan juga, buah blewah akan terus matang selama beberapa hari kedepan bahkan setelah dipetik. Jika tekstur buah masih keras dan memiliki aroma yang tidak harum, rasanya akan tidak sempurna.

Selain itu, hindari memilih buah blewah yang terdapat goresan dalam hingga ke dalam daging buah atau kerusakan lainnya. Biasanya itu merupakan tanda bahwa buah blewah terdapat inang bakteri.

Terakhir, ketika membeli buah blewah yang belum matang sempurna maka perlumenyimpannya pada suhu ruangan selama beberapa hari.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!